Follow My Twitter

Jumat, 21 Oktober 2011

Astronom Dapatkan Gambar Pembentukan Planet

Astronom Dapatkan Gambar Pembentukan Planet
Andina Librianty - Okezone
Jum'at, 21 Oktober 2011 12:33 wib


HONOLULU - Para Astronom telah berhasil menangkap gambar dari sebuah planet yang baru lahir.

Adam Kraus dari University of Hawaii's Institute for Astronomy, mengatakan bahwa planet tersebut terbentuk dari debu dan gas yang mengelilingi sebuah bintang berusia 2 juta tahun, sekira 450 tahun cahaya dari bumi.

Seperti dilansir News Yahoo, Jumat (21/10/2011), planet tersebut, didasarkan pada model ilmiah tentang bagaimana planet-planet terbentuk. Diperkirakan telah mulai membuat bentuknya sekitar 50 ribu sampai 100 ribu tahun yang lalu.

Diberi nama LkCa 15 b, planet itu merupakan planet termuda yang pernah diamati, sedangkan pemegang rekor sebelumnya sekira lima tahun lebih tua.

Krau dan rekannya Micheal Ireland, dari Macquarie University and the Australian Astronomical Observatory, menggunakan teleskop Keck di Mauna Kea untuk menemukan planet ini.

"Kami menangkap obyek ini pada waktu yang sempurna. Kita milihat bintang muda ini, memiliki piringan disekitar planet, yang mungkin terbentuk dari itu dan kami melihat sesuatu yang ada tepat ditengah-tengah piringan itu," kata Kraus.

Kraus mempresentasikan penemuannya di NASA's Goddard Space Flight Center di Maryland pada hari Rabu. Makalah mengenai penemuan penelitian Kraus dan Ireland akan segera muncul di The Astrophysical Journal. (tyo)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management